Langsung ke konten utama

Jenis-jenis Jaringan Komputer


Macam-macam Jaringan Komputer

1.  Pengertian Jaringan  PAN (Personal Area Network)







  PAN (Personal Network) adalah jaringan komunikasi satu perangkat lain dengan perangkat lainnya dalam jarak sangat dekat, hanya dalam beberapa meter saja.

Jaringan PAN merupakan titik akses berbagai perangkat pribadi seperti komputer telpon, tv, sistem keamanan rumah yang berbasis komunikasi data, maupun perangkat komunikasi publik seperti  internet.

Kontrol pada jaringan PAN dilakukan dengan authoritas pribadi, dan untuk Teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protocol (WAP) dan Bluetooth. Jaringan PAN ini dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti USB dan Firewire.

PAN atau Personal Area Network adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer, Jangkauan dari jaringan PAN biasanya hanya beberapa meter. Jaringan PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasiintrapersonal).

Kegunaan Jaringan PAN Personal Area Network :
- Menghubungkan perangkat-perangkat komputer
- Sebagai media komunikasi antara perangkatbsendiri (komunikasi personal)

Contoh Penggunaan Jaringan PAN

Menghubunkan Handphone dengan Laptop

- Menghubungkan Mouse dengan Laptop
- Menghubungkan Printer dengan Laptop

Kelebihan & Kekurangan Jaringan PAN

Kelebihan Jaringan PAN :

  • Jaringannya Lebih Dekat dan Data maupun Informasi yang Diterima bersifat Rahasia 
  • Dapat Menukar Data Berbentuk File , Audio , Dan Video tanpa Memakai Kabel 
  • Komunikasi lebih Praktis tanpa Terganggu dengan Pengguna Lain
  • Para Peretas kemungkinan Bisa Terdeteksi untuk Keamanan Data Begitu Juga Virus 

Kekurangan Jaringan PAN :


  • Karena Sifatnya Dekat maka Pengguna Jaringan ini tidak dapat Melakukan Komunikasi dengan Banyak dengan Lokasi yang Jauh
  • Sangat Bergantung pada Sinyal 
  • Tidak dapat Mengirim File Sekaligus 


2. Pengertian Jaringan LAN (Local Area Network)
 


LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan jaringan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s.

Prinsip Kerja Jaringan LAN (Local Area Network)
Jaringan LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah system komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleks gedung atau suatu kampus dan tidak  menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik jaringan LAN itu sendiri dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah jaringan LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. 

Adapun penggunaan jaringan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berhubungan. Kerjasama ini semakin berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara  bersama. jaringan LAN yang umumnya menggunakan hub/switch, akan mengikuti prinsip  kerja hub itu sendiri. 

Dalam hal ini adalah bahwa hub tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena hub hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu. Itulah diantara kelebihan dan kekurangan jaringan LAN.

Kelebihan & Kekurangan Jaringan LAN :


Kelebihan Jaringan LAN


  • Keamanan lebih Terjamin karena IP Lokal hanya Terhubung sebatas Switch kemudian Router
  • Dapat Melakukan Penggunaan Sumber Daya Secara Bersama - Sama 
  • Tidak Banyak Penggunaan Kabel
  • Sistem yang Terhubung ke Terminal Lebih Banyak
  • User Intarfarce yang digunakan adalah Fasilitas yang Baku

Kekurangan Jaringan LAN



  • Jika Banyak PC yang terhubung Jaringan LAN akan Melambat
  • Sistemnya Menggunakan 1 Jaringan Maka Masih ada Kemungkinan Jaringan Bisa Di Retas
  • Jika Salah 1 PC yang Terhubung terkena Virus Maka PC yang Tersambung dengan LAN tersebut juga akan terkena Virus 
  • Software harus Dirancang untuk Multi User
  • LAN begitu Lambat di Speed Modemnya


3. Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network)



WAN (Wide Area Network)  merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat diidefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini Jika Wide Area Network sudah mencakup area intercontinental maka disebut jaringan informasi global atau internet.

Jaringan WAN (Wide Area Network) merupakan kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang.


Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah.

Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara.


Prinsip Kerja Jaringan WAN (Wide Area Network)


Sistem kerja dari WAN adalah seperti halnya jaringan LAN hanya jika diinginkan transfer data dari user di terminal VSAT yang lain maka server yang berada pada terminal VSAT tersebut akan menghubungi stasiun Hub dan stasiun Hub akan menghubungkan dengan terminal VSAT yang diinginkan sehingga transfer data yang diinginkan dapat terjadi. Jadi jika user yang diinginkan dihubungi hanya berada pada terminal VSAT-nya sendiri maka hubungan ke stasiun Hub tidak dilakukan.

Selain digunakan untuk transfer data jaringan VSAT pada konfigurasi WAN juga dapat digunakan untuk transfer video maupun voice. Jadi terminal workstasiunnyapun tidak harus menggunakan komputer, tetapi bisa menggunakan mesin fax atau yang lainnya.


Kelebihan & Kekurangan Jaringan WAN :

Kelebihan Jaringan WAN



  • Dapat Berbagi Software dan Resources Dengan Koneksi Workstations
  • Bisa Diakses dengan Jangkauan Geografis yang Luas
  • Berbagi Informasi / File melalui Area yang Lebih Cepat
  • Pesan dapat Dikirim dengan Cepat kepada Orang lain pada Jaringan ini

Kekurangan Jaringan WAN




  • Biaya Operasional yang Mahal dan Umumnya Lambat
  • Rentan Terhadap Peretas atau Ancaman dari Luar 
  • Memerlukan Firewall yang Baik untuk membatasi Pengguna Luar yang Masuk ke Jaringan
  • Informasi tidak dapat Memenuhi Kebutuhan Lokal / Kepentingan


4.  Pengertian Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)



MAN (Metropolitan Area Network) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti, perkantoran, universitas pemerintahan, pusat pembelanjaan dan sebagainya. 

Jaringan MAN sendiri diartikan sebagai suatu jaringan yang meng-cover sebuah kota. Pada awalnya rangkaian jaringan MAN dihubungkan dengan menggunkan Kabel LAN untuk menghubungkan kantor yang satu ke kantor cabang yang lainnya yang jaraknya beberapa KM, dengan hadirnya WIMAX maka pengguna layanan internet semakin tertarik pada Wireless yang berskala MAN.




   Dibawah ini adalah karakteristik Jaringan MAN :

1. Meliputi area seluas antara 5 dan 50 kisaran km. Banyak Jaringan MAN mencakup area perkotaan.

2. Sebuah jaringan MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. Jaringan MAN, komunikasi linknya dan peralatan, umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada pengguna.

3. Jaringan MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.
4. Jaringan MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan Jaringan LAN.
5. Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel . Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.


Kelebihan Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

Kelebihan Jaringna MAN


  • Server Kantor Pusat dapat Berfungsi Sebagai Pusat Data Kantor Cabang
  • Informasi dapat disebarkan Lebih Meluas dan Cepat
  • Transaksi yang Real Time
  • Komunikasi antar Kantor bisa menggunakan Email dan Chatting 


Kekurangan Jaringan MAN

  • Biaya Operasional Mahal
  • Instalasi Strukturnya tidak Mudah 
  • Jika Sebuah Komputer Pribadi digunakan sebagai Terminal , Memindahkan File membolehkan Pengguna untuk Mengambil File dari Host atau Mengirimnya ke Host
  • Rumit Jika Terjadi Masalah pada Jaringan ( Trouble Network ) 











Komentar